Minggu, 12 April 2020

     Awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan adanya sebuah virus baru yg menginfeksi manusia. Virus ini dinamakan Covid-19 (Corona Virus Disease tahun 2019). Virus ini ramai diperbincangkan oleh warga dunia setelah adanya postingan di beberapa media sosial yang memperlihatkan banyaknya warga di kota wuhan yang mengalami sesak nafas karena infeksi virus corona. Tak hanya sesak nafas biasa, ada video yang memperlihatkan bahwa orang yang terjangkit virus corona dapat terkapar secara tiba-tiba. Selain itu penyebaran virus ini sangatlah cepat. Dari satu orang ia dapat menularkan ke puluhan orang yang ada di sekitarnya. Sangat mengerikan bukan ? Bahkan orang yang merasa sehat pun dapat terjangkit virus ini secara tiba-tiba. Hingga dalam waktu yang sangat cepat virus ini menyebar secara luas di kota wuhan negeri tirai bambu China.
     Orang-orang yang mengalami gejala covid seperti sesak nafas, batuk-batuk dan demam berbondong-bondong untuk memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Setelah di tes banyak dari mereka yang positif virus corona. Jumlah pasien positif semakin hari semakin meningkat hingga membuat petugas kesehatan kewalahan, tak sedikit yang menangis histeris karena kelelahan dan takut ikut terpapar virus corona. Korban meninggal pun mulai berjatuhan hingga pemerintah China memutuskan untuk melakukan Lock Down di wilayah tersebut. Lock down merupakan keputusan yang di pilih untuk mengehentikan penyebaran virus corona yang sangat berbahaya ini. Setelah adanya keputusan lock down, banyak warga dunia yang mulai khawatir akan penyebaran virus ini. Beberapa negara memilih untuk menghentikan perjalanan masuk dan keluar negeri. Tapi adapula negara yang masih membolehkan akses masuk dan keluar negeri.
     Dari pemaparan di atas teman-teman bisa lihat bukan betapa berbahayanya virus ini. Dia tak terlihat oleh mata tapi dapat membunuh jiwa. Banyak pro dan kontra dalam menanggapi keberadaan virus corona ini. Ada yang memilih untuk bersikap biasa saja karena menganggap mati itu ada di tangan tuhan tetapi adapula yang waspada terhadap virus ini. Dari postingan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat indonesia untuk lebih waspada dengan adanya virus corona. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Maka dari itu mari kita sama-sama menghentikan penyebaran virus corona. Salah satunya kita harus melakukan berbagai pencegahan terhadap virus corona ini. Sebelumnya mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum tau apa itu virus corona?


Virus Corona
     Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.
Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayu, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Gejala Virus Corona
     Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.
Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:
  • Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius)
  • Batuk
  • Sesak nafas
Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Pengobatan Virus Corona (COVID-19)
     Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virus, yaitu:
  • Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karatina di rumah sakit yang ditunjuk
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh

Cara Mencegah Virus Corona (COVID-19)


  • Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

Sumber :
1. https://www.alodokter.com/virus-coron 

2.https://www.kompas.com/tren/image/2020/03/17/161500965/terkonfirmasi-di-152-negara-bagaimana-cara-penyebaran-virus-corona-?page=1

3. https://translate.googleusercontent.com/translate_c?client=srp&depth=5&hl=id&nv=1&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&tl=id&u=https://en.m.wikipedia.org/wiki/Coronavirus_disease_2019&usg=ALkJrhhYd-ppydvFPfXfjlMPh5jIIQMJ6g


Tidak ada komentar:

Posting Komentar